slide
Berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan
slide
Mengalirkan dana pasar modal ke sektor perumahan
slide
Kepemilikan rumah menjadi terjangkau bagi setiap keluarga Indonesia
slide
Menyediakan fasilitas pendanaan untuk pertumbuhan pembiayaan perumahan yang sehat
Prev
Next

Komite di Bawah Dewan Komisaris

Komite Audit

Komite Audit Pembentukan dan pelaksanaan tugas Komite Audit berpedoman pada Peraturan Menteri Negara BUMN No. PER-01/MBU//2011 tanggal 01 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada BUMN dan Keputusan BAPEPAM No. 29/PM/2004 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit.

Tugas & Tanggung Jawab

Tugas dan tanggung jawab Komite Audit sesuai dengan Piagam Komite Audit antara lain :

  1. Menelaah informasi keuangan Perseroan seperti laporan keuangan, proyeksi, dan informasi keuangan lainnya;
  2. Mengevaluasi efektivitas pelaksanaan audit dari auditor internal dan eksternal, termasuk independensi, objektivitas auditor, di mana hasilnya untuk memastikan semua risiko penting telah dipertimbangkan dan proses pelaporannya dinilai cukup;
  3. Mengevaluasi laporan manajemen atas kepatuhan Perseroan terhadap segala peraturan perundang-undangan dan aturan lain terkait penyelenggaraan kegiatan Perseroan;
  4. Memantau pelaksanaan tindak lanjut temuan hasil audit internal dan eksternal oleh Direksi, paling tidak melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas Satuan Pengawasan Intern (SPI);
  5. Memberikan rekomendasi mengenai penunjukkan Kantor Akuntan Publik kepada Dewan Komisaris;
  6. Melakukan penelaahan dan melaporkan kepada Dewan Komisaris atas pengaduan yang berkaitan dengan Perseroan;
  7. Menelaah laporan pelaksanaan GCG Perseroan.

Susunan Komite Audit Perseroan saat ini yaitu :

Ketua : M. Ihsanuddin

Anggota :

  1. Suparlan
  2. Suharmadi

‚Äč

Profile Komite Audit

Perseroan telah memenuhi ketentuan mengenai pembentukan Komite Audit sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia No. PER-05/MBU/2006 tanggal 20 Desember 2006 tentang Komite Audit Bagi Badan Usaha Milik Negara dan Peraturan No. IX.I.5 yang merupakan Lampiran Keputusan Ketua Bapepam No. Kep-29/PM/2004 tanggal 24 September 2004 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksana Kerja Komite Audit, yaitu dengan telah diangkatnya Komite Audit berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Perseroan No. 002/KEP/DEKOM/2011 tanggal 18 November 2011 tentang Pembentukan Komite Audit Perseroan dengan susunan Komite Audit dan berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Perseroan No. 01/KEP/DEKOM/2012 tanggal 30 Maret 2012 tentang Perubahan atas Keputusan Dewan Komisaris No. 03/KEP/DEKOM/2011 tentang Pengangkatan Anggota Komite Audit, susunan anggota komite audit per tanggal 30 Maret 2012 adalah sebagai berikut :

Ketua : Moch. Ihsanuddin 

                 Warga negara Indonesia dan lahir pada tahun 1965. Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Sebelas Maret Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan pada tahun 1988 dan Magister Management pada tahun 2000. Beberapa pendidikan kursus/pelatihan yang pernah diikuti antara lain : Sekretaris Tim Kerja pendirian Perusahaan Pembiayaan Sekunder Perumahan (Secondary Mortgage Facility) (2000-2004), Studi Operasionalisasi Pembiayaan Sekunder Perumahan di Cagamas, Kuala Lumpur, Malaysia (2005), Studi sistem Perpajakan dan Operasionalisasi Hongkong Mortgage Corporation (HKMC), Hongkong (2007), Credit Guarantee Training Program, Hiroshima International Plaza, Japan (2011).

              Saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) (2011-sekarang), Ketua Komite Audit PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) (2012-sekarang), dan Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya Otoritas Jasa Keuangan (2013 – sekarang).

Anggota : Suharmadi 

              Warga negara Indonesia dan lahir pada tahun 1966. Memperoleh gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Brawijaya Malang pada tahun 1991, Magister Manajemen Keuangan dari IPWI – Jakarta pada tahun 1999, dan Magister Akuntansi dari Universitas Diponegoro Semarang pada tahun 2003. Beberapa pendidikan kursus/pelatihan yang pernah diikuti antara lain : Pelatihan Pajak Brevet A dan B oleh Lab. Akuntansi-FE Universitas Muhammadiyah Malang (1993), Workshop Akuntansi Internasional oleh Ikatan Akuntansi Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik & FE Universitas Mercu Buana (1997), Pendidikan Profesi Berkelanjutan “Sistem Pengendalian Manajemen” oleh Ikatan Akuntansi Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (1998), Pelatihan Teori dan Aplikasi Program Lisrel dan Amos oleh Puslit Universitas Mercu Buana (2005), Penataran dan Lokakarya Metodologi Penelitian oleh DP2M- Ditjen Dikti Depdiknas & Puslit Universitas Mercu Buana (2006).

            Saat ini menjabat sebagai Anggota Komite Audit PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) (2011 – sekarang), dan mengajar di Universitas Mercu Buana (1996 – sekarang).

Anggota : Suparlan 

              Warga negara Indonesia dan lahir pada tahun 1966. Memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Brawijaya Malang pada tahun 1989, dan Magister Manajemen dari Universitas Krisnadwipayana pada tahun 2009. Beberapa pendidikan kursus/pelatihan yang pernah diikuti antara lain Kursus Analisa Laporan Keuangan, Kursus Pengantar Audit Hukum, Kursus Audit Bank, Kursus Perbankan Syariah, dan Seminar Hukum Nasional.

               Saat ini menjabat sebagai Anggota Komite Audit PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) (2011 – sekarang) dan Kepala Divisi Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya I Otoritas Jasa Keuangan (2013 – sekarang).