Obligasi dan Sukuk Musyarakah Berwawasan Sosial


Hadirnya obligasi sosial dan sukuk musyarakah sosial berkelanjutan ini menjadi gebrakan baru pendanaan kreatif PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau (“PT SMF”) yang memiliki impact dalam membangun negeri dan mengubah kehidupan masyarakat, khususnya untuk meningkatkan awareness atas isu Environmental, Social, and Governance (ESG). Dana dari penerbitan instrumen berwawasan sosial ini digunakan untuk membiayai dan/atau membiayai kembali (refinancing) proyek-proyek yang memenuhi syarat (eligible projects) yang diidentifikasi dalam Kerangka Pendanaan Sosial dalam rangka PT SMF dalam mendorong pembangunan sektor perumahan dan kepemilikan rumah yang terjangkau bagi setiap keluarga Indonesia.

                                                                                           

SOCIAL FUNDING FRAMEWORK

Kerangka Pendanaan Berwawasan Sosial (Social Funding Framework) ini disusun sesuai dengan standar International Capital Market Association’s Social Bond Principles, the Association of Southeast Asian Nation’s Social Bond Standards, serta Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 18 Tahun 2023 Tentang Penerbitan dan Persyaratan Efek Bersifat Utang dan Sukuk Berlandaskan Keberlanjutan. 
                                                                                                         
SECOND PARTY OPINION (SPO)

Perseroan mendapatkan pendapat pihak kedua (second-party opinion) dari Peninjau Eksternal (External Reviewer) yaitu Det Norske Veritas (DNV) pada tanggal 16 Oktober 2023. DNV adalah peninjau eksternal independen yang menyiapkan atas kerangka kerja Perseroan dan pedoman untuk penilaian dan pemilihan proyek yang layak terhadap investasi Efek Bersifat Utang dan/atau Sukuk Berwawasan Sosial, dan menilai kekuatan kerangka kerja dalam memenuhi tujuan Perseroan terkait Kegiatan Usaha Berwawasan Sosial (KUBS). 

STRUKTUR OBLIGASI DAN SUKUK BERWAWASAN SOSIAL
 
Deskripsi Nominal Tenor 
(Tahun)
Kupon/
Bagi Hasil
Jatuh Tempo Rating
Obligasi Berwawasan Sosial Berkelanjutan I SMF Tahap I Tahun 2024 500.000.000.000 5 6,90% 22 Desember 2028 idAAA
Sukuk Musyarakah Berwawasan Sosial Berkelanjutan I SMF Tahap I Tahun 2024 200.000.000.000 5 6,90% 22 Desember 2028 idAAA(sy)

LEMBAGA PEMERINGKAT
PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO)

WALI AMANAT
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.


 

Dokumen Pendukung (Menu Geser)

Kerangka Penerbitan

Kerangka Penerbitan Obligasi dan Sukuk Berwawasan Sosial

Pendapat Pihak Kedua Social Bonds (SPO)

Pendapat Pihak Obligasi dan Sukuk Berwawasan Sosial

Prospektus

Prospektus Obligasi dan Sukuk Berwawasan Sosial